Sabtu, 21 Januari 2012

Solusi Metode Tsukamoto (part 2)

Beerikut adalah solusi kedua untuk solusi metode Tsukamoto yang sebelumnya menggunakan solusi Fuzzifikasi dan kini menggunakan inferensi :



Solusi Metode Tsukamoto (part 1)

- Fuzzifikasi -> membuat fungsi keanggotaan
- Ada 3 variabel fuzzy yang akan dimodelkan, yaitu :





Metode Tsukamoto

Suatu perusahaan makanan kaleng akan memproduksi makanan jenis ABC. 
Dari data 1 bulan terakhir, permintaan terbesar mencapai 5000 kemasan/hari, dan permintaan terkecil sampai 1000 kemasan/hari. 
Persediaan barang di gudang terbanyak sampai 600 kemasan/hari, dan terkecil pernah 100 kemasan/hari. 
Dengan segala keterbatasannya, sampai saat ini, perusahaan baru mampu memproduksi barang maksimum 7000 kemasan/hari, serta demi efisiensi mesin dan SDM perusahaan memproduksi paling tidak 2000 kemasan.

Apabila proses produksi perusahaan tersebut menggunakan 4 aturan fuzzy :
R1 : IF permintaan turun AND persediaan banyak THEN produksi barang berkurang
R2 : IF permintaan turun AND persediaan sedikit THEN produksi barang berkurang
R3 : IF permintaan naik AND persediaan banyak THEN produksi barang bertambah
R4 : IF permintaan naik AND persediaan sedikit THEN produksi barang bertambah
Berapa kemasan makanan jenis ABC yang harus diproduksi, jika jumlah permintaan sebanyak 4000 kemasan dan persediaan di gudang masih 300 kemasan?

SOLUSI ???
Cara Pertama klik disini
Cara Pertama klik disini

Inferensi

- Mengaplikasikan aturan pada masukan fuzzy yang dihasilkan dalam proses fuzzyfikasi
- Mengevaluasi tiap aturan dengan masukan yang dihasilkan dari proses fuzzyfikasi dengan mengevaluasi hubungan atau derajat keanggotaan anteceden/premis setiap aturan.
- Derajat keanggotaan/nilai kebenaran dari premis digunakan untuk menentukan nilai kebenaran bagian consequent/kesimpulan

Fuzzifikasi

Mengambil masukan nilai crisp dan menentukan derajat dimana nilai-nilai tersebut menjadi anggota dari setiap himpunan fuzzy yang sesuai 
-> membuat fungsi keanggotaan

Contoh :
Masukan crisp 75 derajat ditransformasikan sebagai panas dalam bentuk fuzzy dengan derajat keanggotaan 0.80.

Tahapan Membangun Sistem Fuzzy

Tahapan membangun sistem fuzzy tergantung metode yang digunakan, karena banyak teori/metode untuk membangun sistem fuzzy. Namun secara garis besar dapat disimpulkan sebagai berikut :

- Fuzzifikasi -> klik dsini untuk lebih detail
- Inferensi -> klik dsini untuk lebih detail
- Proses Penentuan output crisp :

Alasan Menggunakan Logika Fuzzy


Berikut ini ada beberapa alasan mengapa menggunakan Logika Fuzzy :

- Mudah dimengerti
- Fleksibel
- Memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat
- Dapat membangun dan mengaplikasikan pengalaman-pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus melalui proses pelatihan
- Logika fuzzy didasarkan pada bahasa alami

Logika Fuzzy

Logika Fuzzy adalah Suatu cara memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output.
Kotak hitam -> memetakan input ke output
yang sesuai -> memakai logika fuzzy, contoh :

Pemetaan input-output pada masalah produksi :  “diberikan data persediaan barang, berapa jumlah barang yang harus diproduksi ?”

Alasan menggunakan logika fuzzy baca selengkapnya disini

Definisi Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. 
Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapamacam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain :
- Sistem pakar
- Game
- Jaringan syaraf tiruan
- Robotika
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) terbagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu :
AI Konvensional dan Kecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence). 
AI konvensional kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik. Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI, Good Old Fashioned Artificial Intelligence)

Cara Mengaktifkan Registry

Mungkin Komputer Anda pernah terkena virus. Kemudian virus tersebut beraktivitas men-disable registry, sehingga registry editor tidak bisa dibuka.
cara mengaktifkan registry yang ter-disable adalah sebagai berikut :

1.Bersihkan terlebih dahulu virus dari computer

2.kemudian buka notepad dan ketikan coding berikut,




3.Simpan dengan akstensi .vbs (contoh kali ini, saya simpan dengan nama aktifkan_registry.vbs)

4.Jika berhasil, jalankan file tersebut.


5.Klik Yes, jika ingin mengaktifkan kembali registry editor

Rabu, 18 Januari 2012

Soal Uas Pemrograman Web (essay)

Jawablah pertanyaan dengan singkat dan jelas ! ( bobot 40%)
1. Jelaskan langkah-langkah untuk menghubungkan antara bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL serta script yang di gunakan.

Jawab :
- Install PHP dan MySql. Agar lebih mudah, instal XAMPP karena dalam XAMPP sudah terdapat fitur PHP dan MySql.
- Nyalakan semua service yang ada dalam XAMPP. Kemudian masuk kedalam browser yang ada pada komputer anda dengan mengakses alamat http://localhost/xampp. setelah itu  buat lah suatu database dengan menggunakan fitur PHP myAdmin yang terdapat dalam XAMPP. kemudian untuk mengecek apakah koneksi antara PHP dan MySql berjalan lancar, buat suatu script pada notepad (disarankan menggunakan notepad++) seperti dibawah ini:

    /*
    <?
    $koneksi=mysql_connect("localhost","root","");
   
    if($koneksi){
        echo "Koneksi Berhasil";
    }
    else{
        echo "Koneski gagal coba lagi";
    }
    ?>
    */

- Simpan dengan file ekstensi *.php kemudian simpan dalam folder "htdoc".
- Masuk kedalam browser kemudian masukkan alamat ini : "http://localhost/[nama file].php". Kemudian tunggu hasilnya. Apabila muncul pesan berhasil maka koneksi yang anda lakukan berhasil.

2. Jelaskan maksud script berikut :
/* Memanggil fungsi dari database */
/* Menampilkan pesan Could not connect, karena
tidak dapat terkoneksi dengan database lewat
variable $con */
/* memanggil nama database “penjualan” dan
menampilkan isi dari database yang berupa tabel
barang dan query/isi dri tabel juga di tampilkan */
/* Menampilkan hanya kd_brg dan nm_browser yang
 terdapat pada tabel barang untuk di tampilkan
ke dalam browser */
/* Perintah untuk mengakhiri pemanggilan database */

Soal Uas Pemrograman Web

I. Pilih jawaban yang benar dan tulis jawaban saudara pada lembar jawaban yang sudah  disediakan (bobot 60%)

class student {
 public $name;
 public $address;
 public function __construct(){
    echo 'Student's Data.<br />';
  }
   public function show_name() {
   echo 'Student's name is : '.$this->name.'<br/>';
  }
   public function show_address() {
  echo 'Student's address is : '.$this->address.'<br/>';
  }}

1 Atribut dari class di atas adalah :
      a. $nama, $address            c. __construct
      b. show_name, show_address         d. student

2.Sedang untuk method dari class di atas adalah :
      a. $nama, $address            c. __construct
      b. show_name, show_address         d. student

3.Hasil dari program strlen(“3204657895”) pada php adalah :
      a. 10                    c. 11
      b. 49                    d. 0

Perhatikan program php di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 4-6 :
<?
$kota=array(“Yogya”, “Solo”, “Bandung”, “Bogor”,”Semarang”);
$jumlah=count($kota);
for ($i=1;$i<$jumlah;$i++)
   echo “Elemen berin
deks $i : $kota[$i] <br>”;
?>

4.Kota Bandung pada program di atas berada pada posisi indek ke :
       a. 0                    c. 2
       b. 1                    d. 3
5.Jika program dieksekusi, maka kota yang tidak tercetak adalah :
       a. Yogya                        c. Bandung
       b. Solo                    d. Bogor

6.Jika $i pada perulangan diganti dengan angka 0, maka :
  Jika program dieksekusi, maka kota yang tercetak adalah:
       a. hanya kota Yogya            c. tercetak semua
       b. program error                d. tidak tercetak semua

7.Jika dijalankan, apa yang dihasilkan dari code JavaScript di bawah ini :
<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
jalan=15; i=1;
while (i <= jalan){
   document.write(i + ","); i=i+4;
}
</SCRIPT>

    a. 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
    b. 4,8,12
    c. 1,4,7,10
    d. 1,5,9,13
  
8.Inisialisasi object pada PHP yang benar adalah :
        a. New mhs;                c. $mhs1=new Mhs;
        b. Mhs $mhs1=new Mhs;            d. $mhs1=Mhs”;

9.Perhatikan penggalan code berikut dan jika dijalankan apa yang ditampilkan pada browser :

    var arrayku=new Array(“Garuda”,”Indonesia”,”dadaku”,”dadamu”,”Negeri”);
    document.write(arrayku[0]+” di “+arrayku[2]+” dan “+arrayku[3]);

    a. Garuda di dadaku
    b. Garuda di dadaku dan dadamu
    c. Garuda di Negeri Indonesia
    d. Garuda di dadamu

10.Yang termasuk Dynamic Page adalah :
        a. html                       c. css
        b. php                       d. javascript

11.Atribut dari elemen <script> adalah :
        a. class
        b. action
    c. language
    d. methode

    <?php
    $d=date("D");
    if ($d=="Fri")
      echo "Have a nice weekend!";
    elseif ($d=="Sun")
      echo "Have a nice Sunday!";
    else
      echo "Have a nice day!";
    ?>

12.Jika tanggal saat anda ujian, kemudian program di atas dijalankan hasil yang ditampilkan adalah :
        a. Have a nice day!                 c. Have a nice Sunday!
        b. error                    d. Have a nice weekend!

13.Jika program di atas dijalankan sehari kemudian hasil yang ditampilkan adalah :
        a. Have a nice day!                c. Have a nice Sunday!
        b. error                    d. Have a nice weekend!

    <script type="text/javascript">
    var d = new Date()
    var time = d.getHours()
    if (time<10)
      { document.write("<b>Good morning</b>");}
    else if (time>10 && time<16)
      { document.write("<b>Good day</b>");}
    else
      {document.write("<b>Hello World!</b>");}
    </script>

14.Jika tanggal saat anda ujian, kemudian program di atas dijalankan hasil yang ditampilkan adalah :
        a. Good morning                    c. Good day
        b. Hello World!                    d. error

15.Apabil program di atas dijalankan setelah jam 18:00 hasil yang ditampilkan adalah :
       a. Good morning                    c. Good day
       b. Hello World!                    d. error

16.Identifikasi sebuah variable pada php adalah :
        a. &                    c. @
        b. $                    d. %

17.Pernyataan berikut adalah yang paling benar dalam PHP:
       a. Fungsi dan Variable PHP adalah case sensitive
       b. Fungsi dan Variable PHP adalah tidak case sensitive
       c. Fungsi PHP case sensitive dan Variable PHP tidak case sensitive
       d. Fungsi PHP tidak case sensitive dan Variable PHP case sensitive

    <script type="text/javascript">
    function product(a,b)
    {
       return (a*b)/b;
    }
    </script>


    <script type="text/javascript">
       document.write(product(5,4));
    </script>

18.Jika program di atas dijalankan hasil yang ditampilkan adalah :
        a. 20                    c. 4
        b. 5                    d. 25

    var i=0
    for (i=0;i<=10;i++)
      {
      if (i==3)
        { continue;}
       document.write(i+ " ");
      }

19.Apa yang dihasilkan dari program di atas :
      a. 0 1 2 4 5 6 7 8 9 10            c. 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
      b. tanpa hasil                d. 0 1 2 4 5 6 7 8 9

Jika continue pada kondisi diganti dengan break, maka :

20.Jika program dieksekusi, nilai yang tercetak adalah:
       a. 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10        c. 0 1 2 3
       b. 0 1 2 4 5 6 7 8 9 10            d. 0 1 2

Senin, 16 Januari 2012

Data warehouse vs OLTP

Salah satu perbedaan utama data warehouse dengan OLTP adalah data warehouse tidak selalu dalam bentuk normal ketiga (3NF), sedangkan OLTP biasanya dalam bentuk normal ketiga (3NF).


Workload

  • Data warehouse didesain untuk menampung query dalam jumlah yang besar
  •  OLTP hanya mendukung operasi tertentu
 Data modification

    Data Warehouse

    Data warehouse adalah basis data yang menyimpan data sekarang dan data masa lalu yang berasal dari berbagai sistem operasional dan sumber yang lain (sumber eksternal) yang menjadi perhatian penting bagi manajemen dalam organisasi dan ditujukan untuk keperluan analisis dan pelaporan manajemen dalam rangka pengambilan keputusan

    Data warehouse digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan, bukan untuk melaksanakan pemrosesan transaksi

    Peer to peer Network

    Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.

    Keuntungan dan Kerugian Topologi Star

    Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

    Keuntungan :

    Keuntungan dan Kerugian TokenRing

    Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan

    Keuntungan :
    Hemat Kabel

    Keuntungan dan Kerugian Topologi Bus

    Keuntungan :
    1.    Hemat kabel
    2.    Layout kabel sederhana
    3.    Mudah dikembangkan

    Topologi Jaringan Komputer

    Topologi Jaringan Komputer

    Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

      Keuntungan Jaringan WAN

      Keuntungan Jaringan WAN :

      1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
      2. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat.
      3. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
      4. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

      Definisi Wide Area Network (WAN)

      Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua.WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program aplikasi.

      Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa

      Minggu, 15 Januari 2012

      Metropolitan Area Network (MAN)

         Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

      Keuntungan Jaringan LAN


      1.Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
      2.Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
      3.File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.

      Definisi Local Area Network (LAN)

          Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

      Jenis - Jenis Jaringan Komputer

      Dalam mempelajari Jenis - jenis jaringan komputer terdapat dua klasifikasi yang sangat penting yaitu teknologi transmisi dan jarak. Secara garis besar, terdapat dua jenis teknologi transmisi yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point.
      •   broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan. Saat menerima paket, mesin akan mencek field alamat. Bila paket tersebut ditujukan untuk dirinya, maka mesin akan memproses paket itu, bila paket ditujukan untuk mesin lainnya, mesin tersebut akan mengabaikannya.

      Pengertian Jaringan Komputer

      Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.

       
      Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes